Search

Search This Blog

Thursday, June 17, 2010

Wanita Lebih Buruk Memilih Sepatu Dibanding Pria

Wanita Lebih Buruk Memilih Sepatu Dibanding Pria

Jakarta, Diantara sekian banyak perbedaan wanita dan pria, salah satunya adalah masalah pilihan sepatu. Studi menunjukkan bahwa wanita lebih buruk dalam memilih sepatu ketimbang pria. Wanita cenderung memilih sepatu yang enak dipandang daripada enak dipakai, padahal akibatnya bisa buruk untuk kesehatan kaki.

Studi yang menghubungkan antara pilihan sepatu dan sakit kaki kronis di kemudian hari tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Boston University School of Public Health and the Institute for Aging Research at Hebrew SeniorLife selama 6 tahun sejak tahun 2002 hingga 2008.

Peneliti melakukan survei terhadap terhadap 3.378 pria dan wanita dari Framingham. Para responden diberi pertanyaan tentang tipe sepatu yang pernah mereka pakai dan juga saat ini dipakai.

Berdasarkan hasil survei tersebut, peneliti menemukan bahwa pilihan cerdas dalam memilih sepatu akan berefek pada kesehatan jangka panjang. Hampir sepertiga responden dilaporkan memiliki masalah di kaki di akhir studi, yaitu dengan persentase 29 persen wanita dan 19 persen pria.

Wanita yang sewaktu mudanya sering memakai sepatu sneaker, bisa mengurangi risiko sakit kaki di kemudian hari hingga 50 persen dibanding wanita yang sering memakai sepatu sol, karet atau sepatu berhak tinggi.

Sepatu bisa dikategorikan dalam beberapa jenis risiko yaitu rendah (sepatu casual dan atlet), menengah (sepatu boot atau yang berbahan karet atau sol), dan sepatu berisiko tinggi (kurang penyangga dan strukturnya mengeluarkan suara seperti sepatu berhak tinggi).

Lebih dari 60 persen wanita mengaku sering memakai sepatu hak tinggi, jenis sepatu yang menurut para peneliti tergolong sepatu berisiko tinggi kesehatan. Beberapa studi mengatakan bahwa sepatu berhak tinggi bisa mengakibatkan sakit pada bagian belakang dan pergelangan kaki serta otot achilles. Studi lainnya menyebutkan bahwa sepatu berhak tinggi menyebabkan sakit punggung, pusing-pusing, cepat lelah bahkan payudara menurun.

Penelitian yang dimuat dalam journal Arthritis & Rheumatism mengatakan untuk urusan pilih memilih sepatu, harus diakui pria lebih unggul. Wanita ternyata lebih suka memakai sepatu yang tidak enak dipakai asalkan terlihat menarik.

"Saya rasa wanita perlu perhatian lebih untuk urusan memilih sepatu yang fit. Sadarilah bahwa tiap jenis sepatu yang dibeli bisa berefek pada kesehatan kaki Anda untuk jangka panjang di kemudian hari," ujar Alyssa B. Dufour dari biostatistics at Boston Universitys seperti dilansir New York Times, Rabu (30/9/2009).

"Sangat penting untuk memilih sepatu dengan ukuran lebar dan panjang yang cocok dengan kaki. Jangan membeli sepatu hanya karena sepatu itu terlihat lucu," ujar Alyssa.
Rekomendasi Obat

Nurul Ulfah - detikHealth

No comments:

Post a Comment

Translator :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Iklan-Iklan