Search

Search This Blog

Tuesday, September 7, 2010

Benteng FOORT (VOC) Jepara

 Benteng FOORT (VOC) Jepara


Benteng Foort Jepara XVI atau yang lebih dikenal dengan benteng VOC bagi masyarakat Jepara merupakan salah satu bangunan peninggalan jaman dulu yang menjadi salah satu saksi sejarah terbentuknya kota Jepara.

Benteng VOC ini terletak di Desa Ujung Batu Kecamatan Jepara. Benteng yang berdiri diatas Bukit Donorejo atau yang bisa disebut dengan Bukit Jepara dan berbatasan langsung dengan Sungai atau Kali Wisa dan terletak tepat disekitar Makam Pahlawan Jepara.

Benteng yang berbentuk segitiga ini dan dalam kondisi yang sudah runtuh ini memiliki tiga bastion atau tempat pengintai ini tidak diketahui secara pasti kapan dan oleh siapa benteng ini didirikan. Tapi menurut berbagai sumber benteng tersebut direnovasi oleh Couper (assisten Van der Straeten / Seorang Kapten Belanda di Jepara) pada tahun 1672 atau sekitar abad ke 16 hal itu bisa diketahui dari tulisan huruf romawi dipintu masuk ke benteng. dulu benteng ini dibangun oleh Belanda dengan dalih untuk kepentingan Masyarakat Jepara dari serangan Inggris dan Portugis tapi pada kenyataanya benteng ini dibangun hanya untuk kepentingan Belanda sendiri.

Saat ini pemerintah jepara mulai memperhatikan Benteng ini sebagai salah satu monument bersejarah Kota Jepara dengan membersihkan dan merenovasi badan benteng ini di bagian tembok-temboknya yang rubuh. Dan di sekitar lokasi benteng sudah mulai ditanami tanaman buah yang pada nantinya akan digunakan sebagai taman buah sehingga dalam dua bulan kedepan benteng ini bisa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga.

No comments:

Post a Comment

Translator :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Iklan-Iklan